5 Fakta tentang Haji Lulung



Saya sendiri ketika mendengar nama Haji Lulung adalah ketika gempar-gemparnya wakil gubernur Jakarta, yakni Ahok yang mau menertibkan PKL di Tanah Abang. Waktu itu penertiban sempat alot konon ada jawara dibelakang preman Tanah Abang, seorang anggota DPRD. Belakangan media memunculkan nama Haji Lulung itu. Mulai dari itu saya dengar perseteruan Ahok dan Haji Lulung belum pudar hingga sekarang. Kini Ahok telah menjadi Gubernur Jakarta yang menggantikan Jokowi yang sekarang menjadi Presiden Republik Indonesia 2014 s.d 2019.

 5 Fakta tentang Haji Lulung

Kini perseteruan antara Haji Lulung dan Ahok semakin panas saja. Hari-hari ini media memberitakan perseteruan sekarang tentang masalah APBD. Namun masyarakat melihat perseteruan ini seperti perseteruan masalah mewakili pribadi bukan wakil rakyat. Bahkan kemarin di metro tv dalam program Mata Najwa 18/03/2015, yang berjudul tokoh pembuat kontroversi sempat mmenghadirkan Haji Lulung. Dalam artikel saya ini saya akan mengungkap 5 fakta tentang Haji Lulung. Fakta ini saya dapatkan dari beliau sendiri ketika berbicara di Mata Najwa dan hasil dari kesimpulan saya.
 5 Fakta tentang Haji Lulung
1.       Dia lahir sebagai anak yatim

Dalam Mata Najwa kemarin dia menceritakan bahwa dia lahir sebagai anak yatim, sehingga ia sudah terbiasa dengan kehidupan yang sulit sejak kecil. 
 5 Fakta tentang Haji Lulung

2.       Bagi haji Lulung, sampah adalah emas

Dia juga menyampakan bahwa dia sangat suka memungut sampah, sebab sejak kecil ia sudah akrab dengan kehidupan sulit dan mencari sampah. Katanya, ia bisa menjadi DPRD pun juga karena sampah. Kalau kata orang sampah itu bau maka baginya sampah adalah emas, begitu tukasnya di Mata Najwa kemarin malam.

 5 Fakta tentang Haji Lulung

3.       Haji Lulung mempunyai 5000 lebih anak buah

Ketika Mbak Najwa bertanya kepada Haji Lulung perihal jumlah anak buahnya, Haji Lulung dengan malu-malu mengatakan bahwa anak buahnya cuman 1000 jawabnya. Namun setelah mbak Najwa mengatakan,”katanya anak buah pak Haji ada 5000 lebih?”, dengan malu-malu Haji Lulung mengiyakan.
 5 Fakta tentang Haji Lulung

4.       Haji Lulung adalah orang yang disegani di Tanah Abang

Dalam program mata Najwa itupun juga di play video para wartawan metrotv yang berkunjung ke Tanah Abang beserta Haji Lulung, di video itu terlihat betapa Haji Lulung sangat ditakuti oleh para penduduk Tanah Abang. Di mana banyak orang-orang menyambut Haji Lulung, mereka berebut ingin bisa bersalaman dengan Haji Lulung. Bagi warga pasar Tanah Abang, Haji Lulung adalah Si pitung yang membela orang-orang kecil.

 5 Fakta tentang Haji Lulung

5.       Haji Lulung suka menolong orang dan membenci kesewenang-wenangan

Itu terbukti bahwa banyak orang minta mediasi kepada Haj Lulung ketika ada permasalahan di Tanah Abang. Ini terutama masalah utang piyutang. Kalau ada orang luar akan menagih utang biasanya minta izin kepada Haji Lulung dan beliau memperingatkan orang itu supaya jangan ada onar. Ini berlaku juga sebaliknya, orang yang berhutang biasanya minta perlindungan namun diingatkan supaya jangan melanggar janji.

Oke pembaca, itu dulu ya tulisan saya, sudah sangat ngantuk bro-bro,,,,,

Tentang penulis :

Marzuki Ibn Tarmudzi, pernah mencicipi sedikit segarnya lautan ilmu di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, Jawa Timur. Hobinya yang suka nyorat-nyoret kertas ini dimulai semenjak nyantri. Kini, hobinya itu dituangkan di berbagai media online, itung-itung sebagai aksi dari ; “بلغوا عني ولو أية “,” sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat ”.