Wacana Marzuki: 9 jalan Dalam Mencari lowongan kerja




www.wacanamarzuki.blogspot.com
Di bangku sekolah dan kampus anda hanya bersaing dengan beberapa orang rekan atau bahkan saudara sekelas yang sedikit jumlahnya. Berhadapan dengan guru, konselor, dan kepala sekolah yang lebih banyak menunjukkan sikap dan perilaku sabar dan berbesar hati atas kenakalan dan prestasi anda. Di bangku sekolah dan kampus, anda mendapat teguran, atau sedikit sanksi atas pelanggaran terhadap aturan disiplin. Tetapi ketika anda memasuki dunia real, mereka tidak mungkin menegur dan memberikan peringatan ketika anda berbuat salah. Segala kesalahan, kecerobohan atau ketidak disiplinan yang anda lakukan akan berakibat langsung terhadap diri anda, pekerjaan, profesi, karier, bahkan hidup anda. Itulah realitas, yang mesti anda persiapkan untuk hadapi.

1.       Keluarga. Jika anda mempunyai saudara yang bekerja di sebuah perusahaan, anda bisa menghubunginya untuk mencari tahu tentang lowongan kerja. 

2.       Pegawai/ staff sekolah
Dalam mencari informasi lowongan kerja, anda juga bisa bertanya kepada staff sekolah yang anda, dimana anda menggunakan tempat itu dulu untuk mencari ilmu. Sekarang, anda mencari informasi tentang lowongan kerja. 

3.       Kantor dinas tenaga kerja setempat. Di Kota anda biasanya terdapat dinas tenaga kerja, tiada salahnya anda pergi kantornya, dan bertanya tentang lowongan kerja.

4.       Kantor swasta pelayan tenaga kerja.Di Kota anda biasanya terdapat pelayan tenaga kerja, tiada salahnya anda pergi kantornya, dan bertanya tentang lowongan kerja.

5.       Perusahaan. Anda juga bisa mencari informasi langsung ke perusahaan atau melihat websitenya.

6.       Iklan di Koran, majalah, radio, dan TV. Banyak sekali iklan tentang lowongan kerja di Koran, majalah, radio, dan TV maka mencari sempatkan diri anda untuk membaca iklan-iklan itu.

7.       Iklankan diri anda. Jika anda mempunyai keahlian yang bermanfaat untuk orang lain, maka sebaiknya anda mengiklankan jasa anda pada orang lain.

8.       Hubungi langsung. Menghubungi langsung perusahaan-perusahaan perihal lowongan kerja adalah butuh keberanian untuk melakukannya.

9.       Merintis usaha sendiri. Jika anda mempunyai modal lebih baik anda membuka usaha sendiri, karena anda punya potensi bisa membuka lowongan kerja bagi orang lain. 

10.   Mengunjungi website. Anda juga bisa mencari informasi langsung ke perusahaan atau melihat websitenya.

Tentang penulis :

Marzuki Ibn Tarmudzi, pernah mencicipi sedikit segarnya lautan ilmu di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, Jawa Timur. Hobinya yang suka nyorat-nyoret kertas ini dimulai semenjak nyantri. Kini, hobinya itu dituangkan di berbagai media online, itung-itung sebagai aksi dari ; “بلغوا عني ولو أية “,” sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat ”.