Ilmu Hikmah Ketika Putus Dari Pacar



Ketika begitu sadisnya berpacaran, di mana ketika kesedihan lebih mayoritas daripada kebahagiaan, ketika pahitnya empedu faktanya kalah pahit ketimbang mempertahankan hubungan pacaran. Ya, ketika cinta yang membuat anda tersiksa, tertekan, cemas dan menangis. Apa guna ketika hubungan tidak bisa membuat anda tersenyum? Ketika ada suatu masa yang hampa, ketika otak mulai mengajak untuk berfikir; mungkin saatnya harus mulai ambil langkah untuk mengakhiri sebuah hubungan, maka mulai dari situ juga kita harus mempersiapkan tatanan hati untuk menerima suatu kenyataan bukan halusinasi lagi. Ada sebagian manusia, yang entah mereka menganut aliran estetika yang tinggi, di mana mereka lebih suka untuk mempertahankan hubungan pacaran, mereka meyakini itu adalah jodoh sejati. Penganut ini biasanya memang lebih menganggap pacaran dengan main perasaan, mereka meyakini betapa cinta itu masih idealis, layaknya Romeo and Juliet.
Atau, bagaimana anda tidak memutuskan untuk berpisah ketika rasa itu perlahan mulai luntur, ini bukan hubungan nikah namun hanya sebatas tahap pendekatan menuju nikah. Bagaimana perasaan tidak luntur? Ketika sms tanpa balasan, ketika ditelfon tanpa ada jawaban, ketika janji terlupakan, ah! Ketika masalah kecil mulai diperdebatkan menjadi masalah besar, dari urusan bau badan menjadi urusan Negara bagian, HaH! Itu adalah INDIKASI bahwa anda harus mulai siding jama’ah untuk mengakhiri hubungan
Sedikit berharap. Sedikit berharap artinya anda jangan terlalu banyak berharap terhadap bekas pacar anda. Mengapa? Terlalu banyak berharap, bisa mengakibatkan anda menjadi kecewa jika harapan anda sedikit saja tak terpenuhi. Memang, seseorang bisa saja kecewa sesuai kejadian yang menyertainya, baik jika reaksi kekecewaan itu positif, bahayanya jika reaksi kekecewaan itu adalah negative, sebab ia mengira ia tiada obat untuk sakitnya itu. Banyak kita temui seseorang yang kecewa dengan organisasi yang membesarkan namanya kemudian ia keluar lantas membuat organisasi tandingan. Seorang karyawan yang keluar dari perusahaan karna kecewa lalu gabung di perusahaan lain dan mempunyai rencana untuk menghabisi mantan perusahaannya. Begitu juga dalam suatu hubungan pacaran, pisah dan punya rencana untuk menghancurkan mantan kekasihnya. Cinta merupakan respon positif hati yang mengeluarkan harapan-harapan indah yang positif sesuai hatinya. Memang dari sini bisa dikatakan bahwa cinta adalah harapan-harapan positif atau dengan kata lain setiap ada kekecewaan biasanya diikuti dengan cinta. Namun, ketika cinta sudah tidak mampu untuk bisa mengeluarkan sinyal-sinyal positif maka tak layak kita untuk menumbuhkan harapan itu, atau kalau anda mau kecewa. Karena kecewa, pada umumnya penduduk Mekkah tidak mau mengakui NabiMuhammad sebagai nabi akhir zaman (penutup para Nabi) karena bukan dari suku bangsanya. Karena kecewa Syiah tidak mau mengakui AbuBakar Asshidiq, Umar bin Khottob dan Utsmanbin Affan.

Di tahun ini Clixsense merupakan PTC yang paling direkomendasikan  untuk anda, jika anda penasaran baca di sini


Jaga Kebahagiaan anda dan dia. Ya, kebahagian anda merupakan sama pentingnya dengan kebahagiaan pasangan anda. Betapa kebahagiaan adalah sebuah perasaan yang positif dan menggairahkan, yang setiap manusia bisa rasakan dari hatinya yang terdalam. Meskipun anda telah berpisah dengan pasangan anda tetaplah jaga rasa kebahagiaan itu, it’s more important.  Betapa banyak orang yang salah dalam mencari kebahagiaan dan justru berakhir dengan kehidupan yang jauh lebih menderita. Jangan, anda jangan sampai seperti itu meski anda telah putus cinta. Mengapa orang bisa mencari kebahagiaan di tepat yang salah? Sebab orang itu belum mengerti dirinya yang sejati sehingga ia mencari sesuatu yang berada di luar dirinya, kok bisa? Kita memberikan sesuatu atau seseorang memberikan perasaan bahagia tersebut pada kita. Rumi, seorang bijak mengatakan,”kita mencari kalung permata dari ruangan ke ruangan yang sebenarnya ada di leher kita sendiri”. Inipun sama ketika kita mencari kebahagiaan. Kita mencarinya kemana-mana, dan kita tidak tahu persis tahu di mana kebahagiaan itu. Saya rasa anda semua setuju jika kebahagiaan tidak datang sebab hal-hal yang berbau materialism, seperti: mengendarai kuda mewah, naik jet pribadi. Dan kebahagiaan juga tidak akibat bergantung dari orang lain. Pun kebahagiaan juga tidak muncul akibat anda duduk di tempat duduk anda lantas tetap bertahan di tempat itu. Al-hasil, keputusan sebenarnya adalah suatu keputusan. Kapan saja, dimana saja anda dapat memutuskan untuk berbahagia atau tidak.
Berfikir positif kedepan. Meskipun anda telah putus dengan pacar pacar anda, tetaplah anda harus berfikir positif, percayalah masih banyak single-singgle yang menunggu anda. Oke Bro!! Hati harus tetap teguh dan utuh. Berfikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif bagi perkembangan pikiran anda. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, suka cita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan anda. Apapun yang pikiran anda harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya. Jadi berfikir positif juga merupakan sikap mental yang mengharpkan hasil yang baik serta menguntungkannya. Tidak semua orang menerima atau mempercayai pola berfikir positif. Beberapa orang menganggap berikir positif hanyalah omong kosong, dan sebagian menertawakan orang-orang yang mempercayai pola berfikir positif. Dan sangat banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara berfikir seperti ini, untuk mendapat hasil yang positif. Namun, semakin banyak orang menyukai bahasan tentang positif thingking. So, banyak orang mengatakan,”berfikirlah positif!”. Namun banyak juga yang tidak menganggap serius kata-kata itu, alias di bibir saja. Faktanya, berapa banyak orang yang anda kenal, yang memiliki waktu untuk memikirkan kekuatan dari berpikir positif? Sekali lagi, jika anda patah hati, tetaplah anda untuk selalu menatap optimis kedepan, masa depan anda lebih penting dari itu semua. Berfikir positif juga akan memberikan keragaman terhadap tubuh anda, terutama kesehatan anda, berapa banyak penyakit yang disebabkan oleh pikirannya sendiri.

tagged; cara mengatasi patah hati, bangkit dari putus cinta, putus cinta, sukses cinta

Tentang penulis :

Marzuki Ibn Tarmudzi, pernah mencicipi sedikit segarnya lautan ilmu di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, Jawa Timur. Hobinya yang suka nyorat-nyoret kertas ini dimulai semenjak nyantri. Kini, hobinya itu dituangkan di berbagai media online, itung-itung sebagai aksi dari ; “بلغوا عني ولو أية “,” sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat ”.